Rabu, 14 Mei 2014

SEJARAH IMABATO



IKATAN MAHASISWA BATAK TOBA 
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
(IMABATO)


Ikatan Mahasiswa Batak Toba (IMABATO) UNIMED adalah suatu organisasi mahasiswa yang bersifat kesukuan yang berada di Universitas Negeri Nedan, dengan mengedepankan pentingnya mengetahui budaya Batak Toba yang semakin di tinggalkan akibat pengaruh zaman. Maka dari itu Ikatan Mahasiswa Batak Toba tetap konsisten terhadap pengingatan kembali kebudayaan Batak Toba di Universitas Negeri Medan terkhusus kepada Mahasiswa yang bersuku Batak Toba.
Ikatan Mahasiswa Batak Toba merupakan kelompok organisasi mahasiswa yang notabenenya kelompok organisasi mahasiswa yang bersifat kebudayaan Batak Toba, tetap ikut berpartisipasi terhadap berkembang dan majunya Indonesia. Dengan terus mengedepankan fungsi mahasiswa yaitu :
1.       Mahasiswa Sebagai “Iron Stock” : sebagai mahasiswa diharapkan bisa menjadi manusia-manusia yang memiliki kemampuan dan akhlak mulia, disini kita berperan sebagai pengganti generasi-genarasi sebelumnya.
2.       Mahasiswa Sebagai “Agent of Change” : sebagai agen perubahan, kita harus bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu setinggi-tingginya agar kita bisa mengaplikasikan gelar yang telah diberikan atau dipercaya oleh masyarakat kepada kita sebagai agen perubahan bangsa yang lebih maju.
3.       Mahasiswa sebagai “Guardian of Value” : sebagai mahasiswa berperan sebagai penjaga nilai-nilai, nilai-nilai tersebut bukanlah nilai-nilai yang negatif melainkan nilai yang positif. Nilai positif  yang bisa membawa bangsa ini lebih maju yaitu nilai “kebaikan” yang ada dalam masyarakat indonesia, nilai itulah yang harus kita jaga sepenuhnya.
4.       Mahasiswa sebagai “Moral Force” : sebagai mahasiswa oleh masyarakat, sebab kitalah yang akan menjadi kekuatan moral untuk negeri. Kita sebagai mahasiswa harus memiliki acuan dasar dalam berperilaku. Acuan dasar itu adalah tingkah laku, perkataan, cara berpakaiaan, cara bersikap dan sebagainya yang berhubungan dengan moral yang baik.
5.       Mahasiswa sebagai “Social Control” : Sebagai mahasiswa kita harus berperan sebagai pengontrol kehidupan social. Dalam hal ini kita bisa mengontrol kehidupan masyarakat, dengan cara kita sebagai mahasiswa generasi muda menjadi jembatan antara masyarakat dengan pemerintah. Menyempaikan aspirasi yang telah dikeluarkan oleh masyarakat kepada pemerintah.

Untuk itu, IMABATO akan selalu membahas isu-isu penting yang terkait dengan Kebudayaan Batak Toba dan akademis kampus, juga untuk merumuskan rencana strategis dalam mempertahankan dan mengingatkan kebudayaan Batak Toba di tataran Universitas Negeri Medan dan tidak tertutup akan bersinergis dengan Universitas/Kampus/Institute lainnya baik yang ada di Kota Medan maupun daerah lainnya.



7 komentar:

Unknown mengatakan...

wowww...
maju terus IMABATO UNIMED
HORAS!

Frans Lumbanraja mengatakan...

HORAS..
BOHA DO TAHE CARANA MOLO NAENG MARSAOR IBA TU IKATAN TA ON ?

Unknown mengatakan...

Hub wa 985360149160

PERETDI LUMBANSIANTAR mengatakan...

Mau gbung ..
Saya peretdi lumbansiantar dari pendidikan akuntansi stambuk 2017. Saya harap saya boleh bergabung di grup ini. No wa. 082361827196

PERETDI LUMBANSIANTAR mengatakan...

Mau gbung ..
Saya peretdi lumbansiantar dari pendidikan akuntansi stambuk 2017. Saya harap saya boleh bergabung di grup ini. No wa. 082361827196

Faisal Simbolon mengatakan...

boha do tahe carana gabung? au mahasiswa dibatam

sk14 mengatakan...

selamat malam imabato sya ingin sekali belajar ttg imabato
ini no wa saya 081342844693

 
© free template by Blogspot tutorial